Teknologi

7 cara teknologi dapat meningkatkan pengalaman pelanggan

Pengalaman pelanggan berkualitas tinggi adalah kunci kesuksesan bisnis. Itu adalah tujuan setiap perusahaan, tetapi di lingkungan saat ini hal itu menjadi lebih sulit karena dampak dari pandemi yang sedang berlangsung.

Ketika tenaga kerja dan konsumen menjadi lebih virtual, calon pelanggan semakin beralih ke perangkat lunak dan layanan online untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan bisnis perlu menemukan dan memanfaatkan teknologi yang tepat untuk melayani mereka.

Dimulai dengan membangun fondasi yang kuat untuk teknologi bisnis. Satu dibangun di atas apa yang menjadi “tujuh pilar pengalaman pelanggan”. Tujuh pilar ini dapat menjadi model bagi para eksekutif yang bergulat dengan transformasi digital yang berubah dengan cepat ini. Ini termasuk…

1. kontinuitas. Perusahaan perlu menangani pukulan dan menjaga operasi tetap berjalan ketika kondisi berubah dengan cepat. Jika teknologi gagal saat karyawan pindah ke pekerjaan jarak jauh, inilah saatnya untuk menerapkan akses jarak jauh yang aman dan menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat untuk tim Anda.

2. Komunikasi. Pelanggan modern berharap dapat menghubungi Anda dengan mudah dan nyaman. Ketika mereka tiba, mereka ingin memastikan bahwa mereka didengar. Mengurangi waktu tunggu untuk tanggapan dan solusi membuat orang merasa diperhatikan, terutama bila ada sistem yang selalu memperbaruinya.

Ini dapat mencakup menanggapi secara efektif melalui email, telepon, dan saluran komunikasi online. Gunakan alat cloud untuk penggunaan yang efektif dengan dokumen, formulir, dan templat, terapkan sistem telepon VOIP untuk membantu merutekan panggilan, memantau komunikasi, merekam panggilan, dan banyak lagi.

Komunikasi pelanggan yang baik dapat difasilitasi dengan menyediakan data pelanggan dan bisnis yang akurat dan terkini kepada karyawan. Ini akan membantu dengan komunikasi yang jelas dan efektif di seluruh pengalaman pelanggan.

3. Perangkat Lunak. Tergantung pada sifat perusahaan Anda, kebutuhan perangkat lunak Anda mungkin jauh lebih dalam daripada komunikasi. Tim TI Anda atau penyedia layanan terkelola eksternal (MSP) dapat mengakses alat yang tepat dan integrasi lanjutan yang menyatukan semuanya. Mereka dapat membantu menyesuaikan perangkat lunak untuk mengonfigurasinya untuk kebutuhan bisnis spesifik Anda.

4. Keamanan. Beberapa konsumen masih khawatir untuk memindahkan pengalaman pelanggan mereka ke ranah digital. Adalah bijaksana untuk berhati-hati tentang keamanan. Keamanan siber harus ditingkatkan ke tingkat tertinggi, jika perlu, untuk membangun kepercayaan dan membuat semua orang yakin bahwa data pelanggan mereka aman.

5. Pelatihan. Karyawan harus merasa percaya diri dan nyaman dengan sistem teknologi yang mereka andalkan untuk melakukan pekerjaan mereka. Pelanggan merasa tidak nyaman ketika karyawan menderita dan frustrasi. Alat yang lebih baik, konfigurasi berbasis peran, dan pelatihan yang efektif akan membantu menghilangkan sakit kepala.

6. Perlindungan data. Perlindungan data adalah fokus utama dari setiap rencana layanan pelanggan. Namun, ini hanya sebagian dari apa yang dapat dilakukan oleh tim TI atau MSP yang dialihdayakan. IT yang lebih baik juga menghasilkan data yang lebih baik, memungkinkan Anda untuk meningkatkan proses bisnis dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

7. Solusi Pemulihan TI. Ingat saat perusahaan Anda down selama satu menit tetapi Anda kembali online? Mungkin tidak, karena tidak ada yang perlu diingat. Meskipun demikian, waktu henti selama berjam-jam atau berhari-hari tidak dapat dilupakan dan dapat menimbulkan masalah bagi karyawan dan pelanggan.

Gartner, firma riset yang diakui secara internasional, memperkirakan bahwa waktu henti membebani bisnis rata-rata $5.600 per menit (lebih dari $300.000 per jam), dan itu terjadi pada tahun 2014. Sekarang sangat penting untuk mengatasi masalah dan memulihkannya dengan cepat. Setiap menit sangat berarti, jadi pastikan staf TI atau tim pendukung Anda memiliki strategi pencadangan dan rencana pemulihan bencana yang baik.

Perusahaan yang membangun platform layanan pelanggan berdasarkan tujuh pilar ini tidak hanya akan memukau pelanggan mereka tetapi juga mendapatkan lebih banyak bisnis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button